Tips Traveling Sendiri, Seru dan Aman

Kebebaasan. Ya, itulah alasan sebagian besar orang melakukan perjalanan wisata secara sendiri. Traveling yang biasa disebut solois ini dibutuhkan keberanian dan percaya diri.

Pastinya resiko traveling solo selama perjalanan akan ditanggung sendiri pula. Traveling jamak dan solois memang memiliki keunggulan dan kekukurangan. Jika traveling lebih satu orang akan berbagi kesenangan. Traveling ini menghilangkan ketakutan selama perjalanan.

Begitu pula dengan jadwal yang harus disepakati sesama traveler. Beda halnya dengan traveling solois yang bebas menetukan planing. Jika sewaktu mendapat inspirasi baru, maka tentunya dapat merubah rute.

Pun dapat melakukan trip ke sejumlah tempat lain yang tidak masuk dalam jadwal. Hanya saja petualangan sendiri ini tetap ada ketakutan dan kecemasan. Kembali lagi, masalah dan resiko ditanggung sendirian. Namun, jangan dijadikan alasan sehingga rencana traveling solo Anda gagal.

Nah, PIGIKA ingin berbagi tips yang umum dilakukan bagi traveler solois. Sehingga pulang dengan selamat dan memiliki pengalaman tak ternilai.

Agenda Traveling Terbuka
Buatlah agenda traveling Anda. sebaiknya agenda ini disampaikan kepada keluarga, kawan dekat atau menulis di akun sosial media. Tujuannya, agar mereka tahu bahwa Anda akan melakukan bepergian jauh sendirian.

Prakondisi
Ini paling penting dalam traveling solo. Melakukan riset kecil-kecilan untuk mempelajari tujuan utama. Termasuk riset harga tiket dan penginapan paling murah. Sebaiknya beli tiket pergi saja agar fleksibel sewaktu ada perubahan trip dan gangguan (cuaca atau kejadian luar biasa seperti bencana alam). Jangan lupa mempelajari kondisi tujuan. Apakah sedang dalam aman, baik cuaca maupun konflik. Riset kecil tentang penduduk asli juga diperlukan untuk menambah wawasan setiba di tempat tujuan. Minimal bisa mengetahui gambaran umum suku dan budaya tujuan wisata.

Traveling Simple
Ingat, Anda sedang bepergian sendiri. Barang, benda-benda paling penting saja yang dibawa. Seperti kartu pengenal, uang, pakaian dan alat komunikasi (kamera). Jika barang bawaan Anda ringan, maka perjalanan Anda juga mudah. Jangan lupa selalu menjaga baik-baik tempat uang Anda.

Jaga Sikap dan Penampilan
Sikap ramah dan murah senyum kepada orang yang ditemui. Namun, tetap waspada dengan orang asing yang ingin berkenalan. Jangan memberitahu jika sedang perjalanan sendiri. Carilah alasan bahwa sedang menunggu teman atau keluarga jika ada tanda-tanda mencurigakan. Soal penampilan, hindari pakaian yang mencolok, menarik perhatian banyak orang atau perhiasan. Termasuk tidak menunjukkan gadget mahal yang dimiliki secara berlebihan.

Sampaikan Pesan
Berfoto selfie bagi traveler adalah hal biasa. Namun, bagi traveler solo, ini wajib untuk menyampaikan pesan bagi keluarga. Jika tidak sempat berkomunikasi dengan keluarga atau teman dekat, maka selfie cara terbaik. Lalu unggah di akun sosial media Anda. Namun, tetap mengirim sms atau komunikasi lewat telpon agar keluarga tidak mencemaskan.

Nikmati Perjalanan
Nah inilah yang paling penting. Menikmati perjalana wisata Anda. Sedapat mungkin melupakan semua masalah atau kegalauan (jika ada). Buatlah suasana hati Anda selalu berkesan. Selamat menikmati traveling solois…

Traveling Sendiri