Air Terjun Simoko Bantaeng

Air terjun Simoko Bantaeng. Foto by Anjar Masiga

PIGIKA kali ini menjelajah sebuah tempat wisata tersembunyi di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Sebuah air terjun yang tinggi di Lingkungan Simoko, Kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng.

Air terjun ini mulai populer berkat foto-foto selfie netizen. Mereka yang suka petualang mengunggah foto saat berlibur di air terjun Simoko. Jika dari arah Kota Bantaeng, jarak tempuh sekira 12 km dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Melewati jalan beraspal ini cukup lancar dengan pemandangan deretan rumah warga.

Sebagian dari pengunjung masuk melalui kabupaten tetangga Bulukumba. Melewati beberapa perkampungan di Kecamatan Kindang yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Tompobulu. Butuh dua jam untuk mencapai lokasi yang dicari itu. Selama perjalanan di siang terik ternyata udara di Tompobulu tetap terasa sejuk. Penat akhirnya terbayar lunas usai menikmati keindahan alam Simoko.

Deru air jatuh, kicau burung, dan angin yang bertiup lembut di antara rindangnya pepohonan. Kontras dengan alam. Sungguh pemandangan yang menakjubkan. Tampak bias cahaya matahari menembus dari balik pepohonan raksasa. Memantul kan hijau daun pada air yang mengalir di bawah air terjun.

Air terjun Simoko Bantaeng. Foto by Anjar Masiga
“Ketinggian Simoko pernah diukur dengan tali sepanjang 70 meter. Namun tali belum juga menyentuh tanah,”ungkap seorang warga setempat. Setelah puas dengan keindahan dan panorama Simoko, kami pun beranjak pulang. Tak lupa menitip uang parkir kendaraan motor yang dititip di rumah warga sebesar Rp3.000. (Anjar Masiga/JM)

Air Terjun Simoko Wisata Bantaeng